MENJAGA KESEHATAN GIGI ANAK


Kesehatan gigi anak tidak boleh kita sepelekan. Sebagai orangtua sudah tentu harus menjaga kesehatan gigi anak sama seperti menjaga kesehatan fisik lainnya karena jika anak mengalami sakit gigi atau gigi berlubang maka dapat dipastikan akan sangat menyulitkan kita sebagai orangtua untuk memberikan makan.
menjaga kesehatan gigi anak
Anak yang mengalami sakit gigi atau gigi berlubang biasanya akan lebih malas untuk mengunyah makanan karena takut mengalami sakit gigi. Bahkan sebagian anak menjadi trauma makan nasi karena menganggap nasilah penyebab giginya menjadi sakit padahal nasi bukanlah penyebab sakit gigi tersebut.
Akibatnya bukan hanya anak malas makan, yang paling ekstrim dari efek trauma ini adalah anak tidak mau makan sama sekali. Jika hal seperti ini sudah terjadi, maka akan sangat sulit sekali bagi orangtua untuk bisa memaksa anak untuk makan.  Nah, sebelum hal tersebut terjadi, ada baiknya orangtua mencegah kejadian sakit gigi ini dengan cara menjaga kesehatan giginya.
Gosok gigi secara rutin adalah yang paling penting. Usahakan untuk bisa melakukan gosok gigi anak terutama sebelum dia tidur karena proses perusakan gigi itu justru terjadi pada saat gigi istirahat atau tidak mengunyah apa-apa, namun akan lebih baik lagi jika gosok giginya dilakukan dua hari sekali.
Perbanyak makan buah-buahan. Yang kebanyakan kaum ibu belum tahu adalah, makan buah-buahan itu sangat baik bagi gigi karena buah juga berfungsi sebagai pencuci gigi. Jika anak ibu ternyata malas gosok gigi dan tidak mau gosok gigi walau sudah dipaksa maka bisa diajarkan untuk makan buah-buahan seperti melon, apel, pear dan buah-buahan lain yang sifatnya padat atau tidak terlalu cair.
Kurangi makan permen, coklat dan es krim. Salah satu kelemahan orangtua yang paling banyak dilakukan adalah memberikan anaknya coklat dan es krim. Bahkan pemberian coklat dan es krim adalah jalan pintas yang dipilih oleh orangtua untuk membuatnya anaknya berhenti menangis, padahal makan yang manis seperti  permen, coklat, dan es krim cepat sekali merusak gigi.

Semoga artikel MENJAGA KESEHATAN GIGI ANAK bermanfaat bagi Anda. Jika anda suka dengan artikel MENJAGA KESEHATAN GIGI ANAK ini, like artikel MENJAGA KESEHATAN GIGI ANAK dan bagikan artikel MENJAGA KESEHATAN GIGI ANAK ketemanmu.

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter Digg Technorati Reddit

Posting Komentar

Kesehatan Kita