Mengobati anak alergi makanan


Alergi adalah suatu kumpulan gejala yang melibatkan banyak organ dan sistem tubuh yang ditimbulkan oleh makanan yang dimakan. Alergi makanan itu sendiri juga dapat timbul disebabkan oleh faktor genetik yang didapat dari orangtuanya sendiri sehingga sang anak itu tidak bisa disalahkan jika tiba-tiba tubuhnya mengalami gatal sehabis mengkonsumsi makanan tertentu. Apa saja sih jenis makanan yang paling banyak menimbulkan masalah alergi anak? telur, susu dan ikan laut.
Terus apa tanda-tanda anak alergi? Gatal pada bibir, mulut, faring, sembab tenggorokan,muntah-muntah, nyeri perut, kembung danmencret. Bisa juga timbul pilek, sesak nafas asma dan batuk-batuk. Namun prinsip yang paling utama adalah alergi itu tidak bisa disembuhkan, penyakit ini hanya bisa dikontrol dengan cara mencegah kontak dengan sumber penyebab alerginya. Bahkan pada beberapa kasus, reaksi alergi bisa menjadi sangat berat dan harus dirawat, misalnya yang sampai terjadi keringat dingin hingga pingsan.
Lalu jika anak telah terkena alergi, bagaimana penanganannya?
         Beri penanganan pertama, jika gatal berikan bedak antigatal dan bawa ke dokter.
         Jika keluhannya sesak nafas, bawa ke tempat yang bersih dari debu, pasang masker dan bawa ke dokter.
         Selama membawa ke dokter, baringkan terlentang dalam posisi lurus.
         Setelah sampai di tempat dokter, biasanya dokter akan menyuntikkan obat anti alergi untuk meredakan alergi tersebut.


Semoga artikel Mengobati anak alergi makanan bermanfaat bagi Anda. Jika anda suka dengan artikel Mengobati anak alergi makanan ini, like artikel Mengobati anak alergi makanan dan bagikan artikel Mengobati anak alergi makanan ketemanmu.

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter Digg Technorati Reddit

Posting Komentar

Kesehatan Kita