MENGAPA BISA OBESITAS PADA ANAK?

Oleh: dr. Harry Wahyudhy Utama
Anak yang mengalami kegemukan sejak kecil sering dibiarkan saja oleh para orangtua, padahal gejala kegemukan ini tidak baik terutama pada saat masa pertumbuhan mereka. Mengapa? Karena badan yang terlalu gemuk akan membuat gerak mereka menjadi lamban, kurang lincah dan lebih suka tidur. Secara tidak langsung maka si anak ini lebih susah untuk berkomunikasi dan bermain dengan teman lain sebayanya.
anak mengalami obesitas

 Mengapa bisa terjadi obesitas pada anak?

1. Porsi Makan dan Frekuensi Makan yang berlebih
Berikan porsi makan yang seimbang sesuai umur anak, jangan berikan porsi makan dewasa kepada anak anda. Ingatlah untuk tidak memberikan makan kepada anak sebelum anak anda lapar. Kebanyakan orang tua seringkali memberi makan pada anak agar supaya anak tersebut teralih dari bermain sesuatu atau untuk mencegah si anak menangis, namun cara ini jelas salah karena akan berakibat kalori berlebih pada anak.
2. Memberikan cemilan dalam waktu yang terlalu sering 
Kebanyakan orangtua cenderung membiarkan anaknya untuk makan permen atau apapun yang manis, terkadang makan-makanan snack kecil dan coklat yang dibeli di minimarket bisa sampai beberapa kali dimakan oleh anak padahal makanan tersebut sama sekali tidak sehat dimakan oleh anak. Namun karena rasa kasihan dan kedua supaya anak berhenti menangis, maka kebanyakan orang tua memberikan snack yang murah-murahdan coklat tersebut.
3. Makan di restoran fast food
Anak-anak sangat menyukai makanan seperti pizza, burger dan fried chicken. Sayangnya makanan ini sama sekali tidak layak dikonsumsi oleh mereka dalam jumlah yang banyak karena makanan jenis ini kaya bumbu dan banyak pengawet walau menurut penjualnya bebas pengawet. Kalorinya sangat besar sekali dan rasanya yang lezat akan memancing anak anda untuk makan dan makan lagi hingga kekenyangan. Terlalu sering mengajak anak anda ketempat ini maka resiko anak anda mengalami obesitas akan semakin besar lagi.
4. Kurang aktifitas, terlalu banyak main game dan nonton TV
Inilah masalah yang paling banyak dialami oleh anak-anak jaman sekarang. Acara televisi anak-anak yang tanpa henti bisa membuat anak anda betah seharian di depan televisi. Setelah acara televisi selesai maka anak pun segera beralih ke tablet atau handphone untuk main game. Jika orangtua tidak jeli dan tidak membatasi gaya hidup mereka seperti ini maka dalam jangka waktu beberapa bulan maka anak anda bisa mengalami kegemukan atau obesitas. 

Obesitas dapat disebabkan oleh seringnya mengonsumsi makanan selingan berkalori tinggi di antara waktu makan. Kurangnya aktivitas fisik, seperti sering mengisi waktu dengan bermain video game atau menonton televisi, juga memicu obesitas.

Semoga artikel MENGAPA BISA OBESITAS PADA ANAK? bermanfaat bagi Anda. Jika anda suka dengan artikel MENGAPA BISA OBESITAS PADA ANAK? ini, like artikel MENGAPA BISA OBESITAS PADA ANAK? dan bagikan artikel MENGAPA BISA OBESITAS PADA ANAK? ketemanmu.

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter Digg Technorati Reddit

Posting Komentar

Kesehatan Kita