ATUR POLA MAKAN SEIMBANG UNTUK ANAK

Saat ini berbagai pola makan sehat bermunculan di masyarakat Indonesia, salah satunya beberapa ibu yang mengharuskan anak-anaknya hanya makan buah-buahan di pagi hari. Sebenarnya pola makan seperti ini bisa diterapkan pada orang dewasa yang sudah melewati masa pertumbuhan. Tapi sayangnya para orangtua banyak yang salah kaprah sehingga menerapkan pola makan ini juga pada anak-anaknya.
Pada dasarnya, anak butuh menu makanan yang lengkap dan seimbang,hanya makan buah pada saat sarapan tidak akan cukup untuk memenuhi nutrisi untuk tumbuh kembangnya.
Yang membedakan dewasa dan anak-anak itu adalah:
Pertumbuhan anak itu berlangsung setiap menit. Jadi, jangan sampai ada menit yang terlewat oleh nutrisi yang bermanfaat di tubuhnya.
Makanan yang baik itu makanan dalam jumlah yang cukup, nutrisi yang lengkap dan dalam porsi yang seimbang, jika anak mengonsumsinya terpisah-pisah, tentunya tidak akan seimbang. Selain itu tren makan anak seperti memakan mie instan harus diwaspadai, jangan hanya diberikan mie instan saja. Lengkapi dengan telur, bakso, sawi, atau wortel dan bahan makanan sehat lain.

Beberapa tips yang dapat para ibu terapkan adalah:
  • Ciptakan lingkungan makan yang menyenangkan, misalnya dengan menyajikan peralatan makan yang menarik, piring, sendok dan gelas karakter kartun kesukaannya.
  • Berikan makanan pada saat masih hangat dengan porsi yang tidak terlalu banyak. Sedikit- sedikit tapi sering.
  • Hindari menuruti kecenderungan anak untuk hanya menyukai satu jenis makanan tertentu.
  • Kenalkan selalu dengan jenis makanan baru dan berbeda.
  • Pertahankan kebiasaan makan yang baik dengan cara mengajarkan anak mengenal pentingnya nutrisi, misalnya makan wortel baik untuk kesehatan mata.

Semoga artikel ATUR POLA MAKAN SEIMBANG UNTUK ANAK bermanfaat bagi Anda. Jika anda suka dengan artikel ATUR POLA MAKAN SEIMBANG UNTUK ANAK ini, like artikel ATUR POLA MAKAN SEIMBANG UNTUK ANAK dan bagikan artikel ATUR POLA MAKAN SEIMBANG UNTUK ANAK ketemanmu.

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter Digg Technorati Reddit

Posting Komentar

Kesehatan Kita