MENJAGA KESEHATAN ANAK BALITA

Oleh: dr. Harry Wahyudhy Utama
Bagi para ibu, menjaga kesehatan anak balita mereka pasti menjadi suatu keharusan karena balita yang sakit akan mudah sekali terganggu perkembangan dan pertumbuhannya. Sebelum kita tahu mengenai cara menjaga kesehatan anak balita, kita harus terlebih dahulu tahu mengenai perbedaan antara perkembangan dan pertumbuhan.
Menjadi seorang ibu yang bijak tidaklah mudah, anda harus hapal tiap perubahan pada anak, karena jika terlalu cuek dengan tumbuh kembang anak, akibatnya anak menjadi terlambat dalam menangkap informasi dibandingkan dengan anak sebayanya.

menjaga kesehatan anak balita
Pertumbuhan anak balita
Pertumbuhan itu dinilai dari berat badan dan tinggi badan, sama halnya seperti tumbuh-tumbuhan yang terus besar dan meninggi. Nah, banyak ibu yang tidak terlalu peduli dengan berat badan anaknya, dan hal ini yang justru yang paling penting. Berat badan anak balita yang tidak bertambah, menandakan bahwa pertumbuhan anak sedang  terhenti. Memang ada waktu ketika pertumbuhan anak itu melambat, ingat, hanya melambat dan bukan berhenti. Jika dalam tiga bulan berat badan anak anda tidak bertambah ada baikny segera mencari tahu ke dokter terdekat apa yang menjadi sebabnya. Cacingan dan TBC Paruadalah penyebab tersering anak-anak yang mengalami gangguan pertumbuhan selain gangguan mental seperti sindrom down atau cerebral palsy.

Perkembangan anak balita
Yang dimaksud dengan perkembangan ini adalah tahap-tahap sang anak mempunyai kemampuan-kemampuan tertentu. Anak bayi biasanya akan mulai mencoba merangkak pada usia empat bulan, kemudian akan mulai belajar duduk dan di bulan ke-12 sudah bisa berdiri bahkan ada yang sudah bisa berjalan. Nah, jika anak ibu sudah berusia diatas satu tahun namun belum bisa berjalan, harus segera dicari tahu apa yang menjadi penyebabnya. 

Gangguan perkembangan pada anak erat kaitannya dengan gangguan pada pertumbuhannya. Oleh karena itu, pertumbuhan dan perkembangan bayi tidak dapat dipisahkan dan kita sebut tumbuh kembang. Di artikel berikutnya akan saya lanjutkan mengenai Bab Menjaga Kesehatan anak balita ini.


Semoga artikel MENJAGA KESEHATAN ANAK BALITA bermanfaat bagi Anda. Jika anda suka dengan artikel MENJAGA KESEHATAN ANAK BALITA ini, like artikel MENJAGA KESEHATAN ANAK BALITA dan bagikan artikel MENJAGA KESEHATAN ANAK BALITA ketemanmu.

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter Digg Technorati Reddit

Posting Komentar

Kesehatan Kita