MASALAH PERILAKU KESEHATAN ANAK

Oleh: dr. Indah Yunalda
Dalam artikel saya kali ini, saya akan mengetengahkan  perilaku-perilaku yang bisa mempengaruhi kesehatan anak. Beberapa masalah tersebut adalah:
masalah kesehatan anak

  1. Tidak mau tidur di malam hari
  2. Malas makan
  3. Hiperaktif
  4. Suka memakan makanan funk food
  5. Suka minum es
  6. Terlalu banyak memakan permen/ yang manis-manis
  7. Membiarkan bajunya kotor
  8. Membiarkan tangannya kotor
  9. Menonton TV dari jarak dekat
  10. Menonton TV untuk jangka waktu yang lama
Sebenarnya, perilaku-perilaku kesehatan anak seperti diatas itu lebih banyak dipengaruhi oleh bagaimana orangtua merawat anaknya. Bahkan, kebanyakan gangguan perilaku seorang anak itu sangat terpengaruh dari perilaku tidak sehata orangtuanya sendiri. Ketika anak anda telah mengalami perubahan perilaku seperti diatas maka yang dibutuhkan itu ada tiga:

  • Edukasi/ Pendidikan
  • Ketelatenan
  • Kesabaran
Dari anda sebagai orangtua. Orang tua yang tidak bisa mendidik anak dan diri sendiri, tidak telaten dan tidak sabaran biasanya akan menimbulkan akibat yang tidak baik bagi anak itu sendiri di masa yang akan datang. Kasus dimana anak yang mengalami kegemukan/obesitas waktu masih kecil, kemudian cacingan, berbadan kurus itu semua kembali kepada orangtua, bukan anak. Jika anda bermasalah dengan perilaku-perilaku anak seperti di atas, ada baiknya untuk segera berkonsultasi dengan dokter anak dan ahli gizi agar mendapatkan jalan keluar yang terbaik. Sebagai catatan, perilaku tersebut jangan dibiarkan terlalu lama karena dapat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak di masa yang akan datang.


Semoga artikel MASALAH PERILAKU KESEHATAN ANAK bermanfaat bagi Anda. Jika anda suka dengan artikel MASALAH PERILAKU KESEHATAN ANAK ini, like artikel MASALAH PERILAKU KESEHATAN ANAK dan bagikan artikel MASALAH PERILAKU KESEHATAN ANAK ketemanmu.

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter Digg Technorati Reddit

Posting Komentar

Kesehatan Kita