BADAN PENDEK, TANDA KESEHATAN ANAK TERGANGGU?



BADAN PENDEK, TANDA KESEHATAN ANAK TERGANGGU? Harus ibu ketahui, bahwa jika tubuh anak ibu tidak terlalu tinggi bahkan lebih pendek dari teman sebayanya tidak berarti ia memiliki masalah kesehatan. Bisa jadi tubuh yang kecil itu dia warisi dari ibunya atau bapaknya.
Namun selain pengaruh genetik, ada juga penyebab lain mengapa pertumbuhan badan anak bisa terganggu. Pada masa kanak-kanak dikenala masa emas pertumbuhan badan, pada saat itu tubuh sang anak akan terus tinggi dan meninggi, diawal masa pubertas malah terkadang pertumbuhan tubuh agak terlambat disebabkan karena pada tubuh sedang terjadi perubahan yang lain, yaitu perkembangan jenis kelamin sekunder. Namun, jika di masa emasnya tinggi anak tidak juga bertambah hingga lewat masa pubertasnya, bisa jadi ada masalah dalam kesehatannya. Ada baiknya Anda segera mengkonsultasikan dengan dokter anak Anda.
kesehatan anak terganggu

Penyakit-penyakit kronis yang sering berulang-ulang bisa mengakibatkan kesehatan anak terganggu. Mengapa? Karena anak biasanya akan malas makan dan minum, tidak mau minum susu dan seluruh energinya habis untuk digunakan untuk melawan kuman. Anak yang rentan terganggu pertumbuhannya biasanya pada anak dengan penyakit amandel (tonsilitis kronis), demam berulang (sering pada penderita TB paru), rhinitis kronis (pilek berulang yang disebabkan oleh alergi dingin atau debu), atau memang karena kekurangan hormon pertumbuhan.

Lalu apa yang harus dilakukan?
Yang harus dilakukan adalah mengobati penyakit-penyakit kronis tersebut hingga tidak kambuh lagi. Jika anak sering kena radang amandel, maka operasi amandel adalah solusinya, jika anak sering pilek pagi hari maka konsultasikan obatnya ke ahli THT, jika karena gangguan hormon, maka suntikan hormon adalah solusinya, jika anak anda terus demam karena TB paru, maka makan obat TBC selama 6 bulan adalah solusinya. Namun, pastikan semuany telah mendapatkan persetujuan dokter. DIbalik semua solusi diatas, yang paling adalah sebagai orang tua harus sadar bahwa anak yang sering sakit itu secara langsung akan mempengaruhi pertumbuhan perkembangan dan kecerdasannya.

Semoga artikel BADAN PENDEK, TANDA KESEHATAN ANAK TERGANGGU? bermanfaat bagi Anda. Jika anda suka dengan artikel BADAN PENDEK, TANDA KESEHATAN ANAK TERGANGGU? ini, like artikel BADAN PENDEK, TANDA KESEHATAN ANAK TERGANGGU? dan bagikan artikel BADAN PENDEK, TANDA KESEHATAN ANAK TERGANGGU? ketemanmu.

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter Digg Technorati Reddit

Posting Komentar

Kesehatan Kita