ANAK MALAS MAKAN


Oleh: dr. Harry Wahyudhy Utama
Seringkali orangtua menemukan anak yang susah makan. Anak yang susah makan harus dibedakan dengan kondisi anak yang tidak mau makan karena sakit atau yang susah makan karena pilih-pilih makanan. Kesalahan orangtua yang paling fatal namun yang paling banyak saya ditemui di praktik sehari-hari adalah menganggap anak yang malas makan ini adalah suatu yang wajar dan dapat disembuhkan dengan cara pemberian vitamin penambah nafsu makan.
anak malas makanYang harus tiap-tiap orangtua ketahui adalah: pemberian vitamin penambah nafsu makan sama sekali tidak berhubungan bahkan tidak berguna sama sekali pada anak-anak yang malas makannya lebih disebabkan karena pilih-pilih makanan tadi.  Walaupun kita kasih vitamin penambah nafsu makan paling ampuh sekalipun, tetap tidak akan mempan jika anak anda sudah bisa memilih sendiri makanan yang disukainya.
Nah.. sebelum kita bicara mengenai terapinya, mari kita cari tahu dulu mengapa anak anda pilih-pilih makanan?

Sederhana saja: anak memilih sesuatu makanan tertentu itu karena dua penyebab saja: 
pertama; makanan itu lenbut dan tidak perlu lama-lama dikunyah, 
kedua; sedap (atau memakai penyedap?!)

ANAK MALAS MAKAN

Nah, proses sang anak ini bisa memutuskan makanan yang disukainya 100% itu karena anda sebagai orangtuanya. 
  • Bagaimana seorang anak tahu jika mie goreng instan itu enak jika kita tidak pernah menyodorkan makanan itu padanya? 
  • Bagaimana seorang anak tahu jika Ayam Goreng (*** Fried Chicken) itu nikmat jika kita tidak pernah membawanya ke restoran cepat saji?
  • Dan bagaimana seseorang anak itu tahu jika Bakso itu sangat lezat jika kita tidak pernah mencicipi makanan itu kepadanya?
Tanpa sadar, penyebab anak menjadi pilih-pilih makanan itu disebabkan oleh anda sendiri sebagai orangtua yang mengenalkan makanan tersebut, yang notabene makanan tersebut banyak mengandung penyedap rasa!
Saat anak anda mulai bisa merasakan makanan yang enak di usianya yang masih dibawah 3 tahun, maka dia akan mulai pilih-pilih makanan kesukaannya, dan sedihnya; para orangtua justru membawa anaknya ke dokter dan minta obat vitamin menambah nafsu makan.




Semoga artikel ANAK MALAS MAKAN bermanfaat bagi Anda. Jika anda suka dengan artikel ANAK MALAS MAKAN ini, like artikel ANAK MALAS MAKAN dan bagikan artikel ANAK MALAS MAKAN ketemanmu.

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter Digg Technorati Reddit

Posting Komentar

Kesehatan Kita