INILAH CARA MENJAGA STAMINA TETAP PRIMA

Inilah Cara Menjaga Stamina Tetap Prima saat beraktivitas. Aktivitas sehari-hari kadang sampai menghabiskan semua energi dan stamina di dalam tubuh kita, padahal menjaga stamina itu sangat penting agar tubuh tetap kuat dan terhindar dari penyakit.  Dalam kondisi fisik yang prima maka tubuh tidak mudah dan tidak gampang terkena penyakit. Untuk itulah diperlukan suatu cara menjaga stamina tersebut harus tetap dalam keadaan prima, dan inilah beberapa cara menjaga stamina tetap prima:
cara menjaga stamina tetap prima
1. Rutin berolahraga
Olahraga merupakan cara yang cukup ampuh dalam menjaga kebugaran tubuh, olahraga teratur seperti lari, berenang dan bersepeda lambat laun akan memperkuat otot-otot jantung sehingga asupan oksigen yang masuk ke dalam tubuh benar-benar terserap sempurna. Namun, olahraga pun harus dibalas dengan istirahat yang cukup, jika hanya berolahraga saja terus tanpa mementingkan istirahat, ditakutkan yang terjadi adalah kelelahan otot-otot tubuh yang berujung pada penurunan stamina.
2. Cukup minum air
Ingat, cukup minum berbeda dengan banyak minum air. Terlalu banyak minum air juga tidak perlu karena kelebihannya akan segera dibuang oleh tubuh. Yang paling penting adalah kita tahu kapan kita harus minum air. Pada saat bangun tidur, setelah beraktifitas ringan-sedang, usahakan untuk minum air minimal 1 gelas (500cc) dan untuk aktifitas keseluruhan, usahakan untuk minum air setidaknya 2 liter/ hari. Kekurangan minum air akan menyebabkan banyak sekali gangguan sirkulasi mulai dari melemahnya otot hingga lemas dan pingsan karena dehidrasi.
3. Makan dengan porsi seimbang. Seimbang disini maksudnya bukan berarti porsi makan pagi=makan siang=makan malam. Yang dimaksud disini adalah makan dengan komposisi sesuai dengan menu 4 sehat. Cukup karbohidrat, cukup protein dan lemak dan cukup makanan berserat. Terlalu banyak makanan yang mengandung karbohidrat dan lemak akan mengakibatkan penumpukan lemak di bawah kulit sedangkan kurangnya makanan yang mengandung serat (buah dan sayuran) akan menyebabkan gangguan pada saluran pencernaan. 
4. Istirahat yang cukup. Istirahat sangat penting untuk memberi waktu kepada tubuh mengembalikan dan memperbarui energi otot-otot yang telah terpakai. Dengan istirahat maka tubuh ada waktu untuk mrefresh sel-sel di dalamnya. 



Semoga artikel INILAH CARA MENJAGA STAMINA TETAP PRIMA bermanfaat bagi Anda. Jika anda suka dengan artikel INILAH CARA MENJAGA STAMINA TETAP PRIMA ini, like artikel INILAH CARA MENJAGA STAMINA TETAP PRIMA dan bagikan artikel INILAH CARA MENJAGA STAMINA TETAP PRIMA ketemanmu.

Bagikan ke :

Facebook Google+ Twitter Digg Technorati Reddit

Posting Komentar

Kesehatan Kita